Home · Sports · Dani Carvajal Absen, Del Bosque Sibuk Cari Ganti

Dani Carvajal Absen, Del Bosque Sibuk Cari Ganti

Kabar buruk menimpa timnas Spanyol jelang babak final Euro 2016. Salah satu pemain bek terbaiknya Dani Carvajal tak bisa diturunkan akibat mengalami cedera otot tingkat dua. Mengingat masa pemulihan yang cukup lama, pelatih La Roja harus mencari pengganti pemain 24 tahun tersebut.

Kabar buruk menimpa timnas Spanyol jelang babak final Euro 2016. Salah satu pemain bek terbaiknya Dani Carvajal tak bisa diturunkan akibat mengalami cedera otot tingkat dua. Mengingat masa pemulihan yang cukup lama, pelatih La Roja harus mencari pengganti pemain 24 tahun tersebut.

Cedera bek Real Madrid ini didapatnya saat menjalani laga final Liga Champions 29 Mei lalu. Memasuki menit ke-52 mantan pemain tim Bundesliga Bayer Leverkusen ini dipapah keluar lapangan karena mengalami cedera pada kakinya. dengan begitu, Carvajal harus mengubur mimpinya melakukan debut membela Timnas negaranya tersebut. Sementara itu pelatih La Roja Vicente Del Bosque diisukan cukup panik mencari sosok pengganti Carvajal, dan baru akan mengumumkannya jelang keberangkatan tim ke Prancis beberapa hari lagi.

Mampukah Hector Bellerin Gantikan Posisi Dani Carvajal?

Dengan absennya Dani Carvajal, Del Bosque untuk sementara menempatkan pemain muda Hector Bellerin sebagai bek mengisi kekosongan yang ditinggalkan Carvajal. Keputusan tersebut memang tak membuat sang pelatih percaya diri, sebab Bellerin merupakan pemain muda, yang baru saja diuji coba saat Spanyol melakoni laga kontra Bosnia. Dia juga baru pertama kali membela timnas Spanyol, karena dinilai bertuah saat menjadi bagian inti skuat Arsenal di Liga Utama Inggris pada musim 2015/2016. Satu nama lain yang juga dimasukkan Del Bosque dalam pusat pelatihan adalah bek Villareal Gaspar.

Jika melihat perbandingan performa antara Dani Carvajal dan Bellerin, memang tak terlalu jauh. Carvajal musim ini sudah membela Real Madrid pada 31 laga dan mencetak satu gol plus 4 assist. Sementara Bellerin sudah membantu Arsenal dalam 47 laga, dan menyumbang satu gol, bedanya adalah jumlah assist pemain 21 tahun ini mencapai 9, yang semuanya memberikan kesempatan bagi Arsenal untuk menuai angka di beberapa laga potensial. Sedangkan bek Villareal Mario Gaspar sudah bermain dalam 45 laga musim ini, mencetak tiga gol plus 2 assist. Dengan perbandingan ini setidaknya Del Bosque bisa sedikit lega karena potensi para pengganti Carvajal ini tak terlalu buruk.

Secara terpisah Bellerin mengungkapkan antusiasnya ketika diminta sang pelatih untuk tetap menjalani sesi latihan bersama skuat Timnas Spanyol. Padahal mestinya dia sudah mengambil cuti dan pelesiran bersama keluarga, mengingat Liga Utama Inggris baru akan digelar dalam beberapa bulan lagi. dia mengaku siap jika pada akhirnya berangkat ke Prancis, karena hal ini adalah impiannya sejak memulai debut profesional sebagai pesepak bola.

Tanpa Dani Carvajal Spanyol Tetap Berpeluang Pertahankan Gelar

Meskipun tak akan diperkuat oleh sosok Dani Carvajal setidaknya Spanyol masih punya sejumlah bek tangguh yang siap memaksimalkan potensinya pada kompetisis Euro 2016 di Prancis pada 10 Juni hingga 10 Juli mendatang, sebut saja nama Gerard Pique yang gemilang bersama Barcelona, Sergio Ramos yang jadi sosok sentral Real Madrid, Juanfran milik Atletico Madrid, serta Jordi Alba. Semua pemain ini sudah membuktikan diri mampu menjadi tameng hidup dan menghindarkan gol menerjang gawangnya. Makanya masih banyak yang optimis tim ini mampu mempertahankan gelar tahun sebelumnya yang diraih dengan menyingkirkan Italia di partai Final.

Kehilangan seorang pemain memang akan sangat mempengaruhi pergerakan sebuah tim sepak bola, apalagi jika sosoknya sangat mendominasi. Untungnya Spanyol tak begitu tergantung dengan Dani Carvajal sehingga absennya sang pemain karena cedera masih bisa ditolerir dan ditutupi dengan menghadirkan amunisi baru di lini pertahanan. Siapa yang akan jadi suksesor Carvajal?

24.07.2016. 06:55